SILABUS
MATA PELAJARAN KIMIA
Satuan Pendidikan : SMA/MA
Kelas : XII
Kompetensi Inti
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun,responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan,
menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan,
kebangsaan,kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, menyaji,
dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara
efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar (KD)
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1
Menyadari
adanya keteraturan dalam senyawa makromolekul sebagai wujud kebesaran Tuhan
YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang
kebenarannya bersifat tentatif.
1.2
Mensyukuri kelimpahan unsur golongan
utama dan golongan transisi di alam Indonesia sebagai bahan tambang merupakan anugerah Tuhan
YME yang digunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu, disiplin,
jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta
dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif,
demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta
berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2
Menunjukkanperilaku
kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya
alam.
2.3
Menunjukkan perilaku responsif
dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah
dan membuat
keputusan.
3.9
Menganalisis struktur, tata
nama, sifat dan penggolongan makromolekul (polimer, karbohidrat, dan protein
4.9
Menalar dan menganalisis struktur, tata nama, sifat dan kegunaan makromolekul
(polimer, karbohidrat, dan protein)
|
Struktur, tata nama, sifat, kegunaan dan penggolongan Protein
|
Mengamati (Observing):
· Menggali
informasi dengan cara membaca/
melihat/ mengamati/ menyimak tentang struktur, tata nama, sifat, kegunaan dan
penggolongan protein.
Menanya (Questioning)
· Mengajukan
pertanyaan tentang struktur asam amino, ion zwitter, variasi
struktur asam amino dengan harga pH, asam amino esensial dan
non-esensial, asam nukleat struktur
protein serta kegunaannya.
Mengumpulkan data (Experimenting)
·
Mendiskusikan aturan IUPAC untuk memberi nama
protein
·
Mengumpulkan data struktur asam amino, ion
zwitter, variasi struktur asam amino dengan harga pH, asam amino esensial dan
non-esensial, asam nukleat, struktur
proteinserta kegunaannya
·
Merancang, kemudian melakukan percobaan uji
protein.
· Mengamati dan
mencatat hasil percobaan
Mengasosiasi (Associating)
·
Mengolah dan menyimpulkan hasil percobaan.
· Menghubungkan hasil percobaan uji protein dengan struktur
protein dan sifat-sifatnya.
Mengkomunikasikan (Communicating)
·
Mengkomunikasikan secara tertulis (membuat laporan tertulis) atau lisan tentang hasil percobaan uji
protein.
|
Tugas
· Membuat peta
konsep tentang protein
· Merancang
percobaan uji protein
Observasi
· Sikap ilmiah pada saat melakukan percobaan uji
protein
Portofolio
· Peta konsep
· Laporan hasil
percobaan
Tes tertulis
· Pemahaman tentang struktur, tata nama, sifat, kegunaan dan
penggolongan: protein.
|
1 minggu X 4 jam pelajaran
|
· Buku Kimia Kelas
XII
· CD Kimia Karbon
· Situs kimia
tentang Kimia Karbon
|
1.1
Menyadari adanya keteraturan dalam sifat koligatif larutan, reaksi
redoks, keragaman sifat unsur, senyawa makromolekul sebagai wujud kebesaran
Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat
tentatif.
1.2 Mensyukuri kelimpahan unsur golongan utama dan golongan transisi di alam Indonesia sebagai bahan tambang
merupakan anugerah Tuhan YME yang digunakan untuk kemakmuran rakyat
Indonesia.
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu, disiplin,
jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta
dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif,
demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta
berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2
Menunjukkanperilaku
kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya
alam.
2.3
Menunjukkan perilaku responsif
dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah
dan membuat
keputusan.
3.10
Menganalisis struktur, tata nama,
penggolongan, sifat, dan kegunaan lemak.
4.10 Menalar dan menganalisis struktur, tata
nama, penggolongan, sifat, dan pengaruh lemak
bagi tubuh manusia.
|
Struktur,
tata nama, sifat,penggolongan, dan kegunaan Lemak
|
Mengamati (Observing):
· Menggali informasi
dengan cara membaca/ melihat/
mengamati/ menyimak tentang struktur, tata nama, sifat,penggolongan, dan kegunaan lemak.
Menanya (Questioning)
·
Mengajukan
pertanyaan tentang struktur
lemak, tata nama lemak, reaksi hidrogenasi lemak, perbedaan lemak dan minyak,
komposisi asam lemak dalam minyak dan
lemak.
· Apa yang
menyebabkan obesitas pada manusia
Mengumpulkan data (Experimenting)
·
Mendiskusikan aturan IUPAC untuk memberi nama
lemak
·
Mengumpulkan data tentang struktur lemak, reaksi
hidrogenasi lemak, perbedaan lemak dan minyak, komposisi asam lemak dalam minyak dan lemak.
·
Mendiskusikan kegunaan lemak dan minyak
Mengasosiasi (Associating)
·
Menghubungkan
struktur lemak (misalnya
struktur omega -3, omega-6, omega-9, struktur lemak lain) dengan
kesehatan manusia.
·
Mempresentasikan sifat, kegunaan, dan pengaruh lemak
bagi kesehatan manusia.
|
Tugas:
·
Menulis artikel/ leaflet /brochure
tentang “Sifat dan kegunaan lemak bagi manusia”
Observasi
-
Portofolio
· Artikel yang ditulis
Tes tertulis
·
Pemahaman tentang struktur, tata nama, sifat, penggolongan, dan kegunaan lemak
|
1 minggu X 4 jam pelajaran
|
· Buku Kimia Kelas
XII
· CD Kimia Karbon
· Situs kimia
tentang Kimia Karbon
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar